Label

Senin, 07 Juli 2014

ANJURAN & PANTANGAN pd ORANG ALERGI APAPUN



ALERGI / hipersensitivitas tipe I suatu reaksi yang berlebihan dari tubuh terhadap partikel-partikel tertentu dari luar yang memasuki tubuh. Istilah alergi pertama kali digunakan dalam dunia kedokteran pada tahun 1906 oleh Clemens von Pirquet, seorang dokter anak di Austria. Pirquet melihat alergi ini adalah sebagai suatu reaksi yang aneh dari tubuh. Alergi sebenarnya adalah hasil dari respon tubuh terhadap partikel-partikel asing yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh mengadakan reaksi terhadap partikel-partikel asing tersebut melalui sistem kekebalan dan daya tahan tubuh seperti ketika penyakit memasuki tubuh, padahal sebenarnya partikel asing yang masuk itu bukanlah penyakit dan tidak membahayakan tubuh. Reaksi tubuh yang berlebihan ini malah membuat tubuh menjadi sakit.

ALERGI umumnya disebabkan partikel-partikel yang menimbulkan alergi masuk ke dalam tubuh dan kemudian menimbulkan reaksi. Partikel-partikel penyebab alergi ini dalam dunia kesehatan sering disebut Allergen. Allergen penyebab alergi ini biasanya berasal dari berbagai sumber yang ada dilingkungan, seperti: serbuk-serbuk sari tanaman, bulu-bulu hewan, racun dari serangga, ataupun bahan-bahan makanan seperti susu, telur, kacang-kacangan, dll. Dapat pula faktor allergen itu dari bahan-bahan kimia, seperti pewangi, sabun, bedak, obat-obatan, maupun logam, seperti kelang, kalung ataupun anting-anting. Di samping itu faktor lingkungan penyebab alergi seperti: polusi udara dan terkadang rokok juga dapat menyebabkan alergi pada seseorang.
Partikel-partikel penyebab alergi dapat masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara, seperti:
  • Melalui saluran pernapasan: Pada saat bernapas, disamping menghirup Oksigen, dapat juga menghirup partikel-partikel lain yang ada di udara.
  • Melalui makanan: Ketika tubuh mengonsumsi makanan atau pun obat-obatan, kemungkinan faktor allergen pun bisa masuk melalui saluran pencernaan di dalam tubuh, dan kemudian menyatu dengan aliran darah dan bisa meransang timbulnya alergi.
  • Melalui sentuhan dengan kulit: Ketika penyebab alergi bersentuhan dengan kulit, maka kulit pada orang yang sensitif itu pun akan bereaksi. Hal ini terjadi karena saat kulit bersentuhan dengan faktor allergen, partikel-partikel itu diserap oleh kulit dan masuk ke dalam tubuh.
  • Melalui suntikan ke tubuh: Reaksi yang paling berat terjadi adalah ketika allergen penyebab alergi ini secara tidak sengaja disuntikkan ke tubuh dan mendapat akses langsung ke dalam aliran darah.
Anjuran buah yang aman untuk penderita alergi:
1. PEAR
2. BENGKOANG
3. APEL
4. PEPAYA
5. PISANG

KASUS - PER KASUS ALERGI
1. Alergi Paru-paru, hanya aman mengkonsumsi pisang yg dimasak seperti pisang kepok, penyakit paru-paru akan kambuh dg buah jeruk, mangga, pisang yg tidak dimasak krn sifatnya dingin
2. Alergi Kulit, semua buah anjuran aman di konsumsi

Lauk hewani yang aman untuk semua penderita alergi: Ikan lele & ikan mujair

HERBAL untuk MENGATASI ALERGI :
1. MADU ASLI
2. ETTA GOAT MILK
3. SARI KURMA
4. AKAR MENGKUDU
5. MENGKUDU KAPSUL

ALERGI pada tangan & kaki ( gatal2) : KOPI RADIX,  MENGKUDU & MADU


sumber: UMI SABIL, KULIAH HERBA THIBUN NABAWY KANCAB 2 JOGJA, 3 JUNI 2014



Tidak ada komentar:

Posting Komentar